Inilah 5 Tips Memulai Usaha

Inilah 5 Tips Memulai Usaha



Tips yang sangat penting ketika kamu ingin memulai usaha yang kamu pilih apapun itu
                         Ilustrasi : Memulai Usaha


Memiliki usaha sendiri merupakan suatu keinginan bagi sebagian orang namun tidak sedikit pula yang lebih memilih untuk bekerja pada orang lain atau menjadi seorang karyawan pada perusahaan, Tidak lain alasannya karena keamanan secara Finansial yang menjadi pegangan hidup, karena pada dasarnya mereka takut sekali akan kemiskinan dan kegagalan dalam hidupnya. Menurutnya bekerja pada orang lain akan terasa lebih aman setiap bulan menerima gaji yang sudah pasti dan jelas akan di terima setiap bulannya. selain itu mereka beranggapan bahwa dengan bekerja pada orang lain mereka sudah berada pada titik keamanan secara financial hal itu yang membuat mereka menjadi terlena pada posisinya saat ini.

Padahal pada kenyatannya menjadi seorang karyawan itu bukan pilihan yang tepat untuk hidup yang lebih sejahtera tidak kekurangan secara materi tapi malah justru membuat kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk kepentingan orang lain sehingga waktu yang begitu berharga harus di buang begitu saja hanya demi kepentingan orang lain dengan imbalan upah yang tidak seberapa dibandingkan dengan seorang pengusaha.

Mereka para karyawan mengorbankan sebagian besar waktunya yang seharusnya di habiskan bersama dengan keluarga di rumah bersenang - senang atau berlibur ke luar negri, tetapi justru di habiskan oleh pekerjaan di kantor atau dimanapun yang sifatnya bekerja untuk kepentingan Orang Lain kendati demikian mereka tetap saja memilih pekerjaannya karena mungkin sudah merasakan kenyamanan yang akhirnya membuat mereka terlena hal itulah yang membuat mereka tidak berfikir bagaimana hidupnya ke depan saat mereka sudah tak lagi muda sudah mengalami sakit - sakitan dan tidak mungkin lagi untuk bekerja atau masa pensiun telah sampai.

Tidak seperti seorang karyawan yang merasa hidupnya sudah berada pada titik aman para pelaku usaha pemula yang penghasilannya tidak pasti kadang kecil, kadang besar, bahkan kadang juga rugi justru terus melakukan pengembangan diri agar usaha mereka bisa menghasilkan profit yang signifikan meski jutaan batu krikil yang berada di hadapan jalannya yang akan siap menjatuhkan mereka jika mereka tidak berjalan dengan hati - hati dan segala halangan rintangan terus berdatangan yang akan menghentikan perjuangan mereka, namun hal itu tidak membuat mereka para pengusaha pemula menjadi putus asa atau semangat menurun tapi malah membuatnya lebih bersemangat dalam berjuang dalam mencari apa yang selama ini mereka impikan.

Karena mereka para pngusaha pemula berfikir bahwa bekerja pada orang lain tidaklah menjamin sukses sampai kapanpun sebab seberapa tinggipun jabatan Anda saat ini, Anda hanyalah seorang karyawan yang bekerja mati - matian untuk kepentingan orang lain dan bisa saja di kemudian hari Anda di pecat karena suatu alasan tertentu dan itu berarti dalam sekejap Anda sudah bukan siapa-siapa lagi.

Meski demikian para pelaku usaha pemula juga tidak selalu berjalan mulus dalam membangun usahanya, kurangnya pengetahuan dan pengalaman yang terkadang menjadi kendala bagi mereka dalam membangun sebuah usaha, saat - saat seperti itulah mereka butuh dukungan dari orang - orang yang sudah sukses lebih dulu yang sudah mengalami jatuh bangun dalam dunia usaha sehingga sudah pasti tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya oleh para pelaku usaha pemula.

Jika hal tersebut sedang terjadi pada Anda yang sedang baru mulai membangun usaha dari nol mungkin 5 Tips untuk memulai usaha ini bisa membantu dalam membangun usaha Anda agar usaha Anda tidak berantakan nantinya.


Berikut 5 Tips Yang Sangat Penting Untuk Memulai Usaha




Baca Juga : 8 Faktor Yang Mempengaruhi Bisnis Agar Lebih Menguntungkan

Baca Juga : Tiga Langkah Yang Di Lakukan Orang Sukses Ketika Usaha Sedang Jatuh

Baca Juga : 5 Tips Mengembangkan Usaha Dari Pakarnya







 1. Menentukan Usaha Yang Ingin Di Tekuni



Beginilah cara yang paling efektif sebelum kita memulai usaha
                  Images by www.futuready.com



Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan usaha apa yang ingin anda jalani, Bila anda belum mempunyai pilihan usaha yang ingin anda jalani alangkah baiknya bila anda memilih usaha yang datang dari hobbi atau dari kegiatan anda sehari-hari.

Misalnya, anda sering pergi jalan ke luar kota atau ke luar negri pasti di situ ada hal baru atau usaha yang belum ada di sekitar anda lalu cobalah untuk memulai usaha tersebut di sekitar Anda.

Mungkin juga anda punya hobbi memancing anda bisa menjual peralatan memancing, jadi anda akan punya rasa cinta pada usaha anda itulah yang akan membuat Anda bertahan dengan usaha Anda. Sebab apapun yang kita lakukan akan terasa indah bila dilakukan dengan hati


 2. Menentukan Target Pasar Produk Anda




                    Menentukan Target Pasar 


Yang ke Dua adalah bila Anda sudah menemukan pilihan untuk memulai usaha tentukan target pasar anda bila anda belum tahu apa itu "target pasar" ?


 Saya kasih contoh : Bila anda berjualan balon dan boneka alangkah baiknya bila anda berjualan di depan sekolahan TK atau SD bila anda berjualan di depan anak SMA saya rasa tidak akan laku karena target pasar anda adalah anak - anak, jadi kutang lebih seperti itulah target pasar yaitu orang yang akan membeli produk anda. Jadi sekarang pilihlah usaha anda lalu siapa target pasar untuk usaha Anda.



3. Menentukan Tempat Usaha Anda




                      Menentukan Lokasi yang Tepat



  •  Nah untuk yang ketiga yaitu menentukan tempat pasar untuk produk Anda berada maksudnya adalah seperti tadi yang saya jelaskan di atas jika target pasar anda adalah anak - anak berarti tempat yang cocok untuk usaha anda yaitu di depan sekolahan TK atau SD, tapi bila target pasar anda adalah orang dewasa anda bisa membuka usaha anda di daerah perkantoran atau dimana saja yang banyak orang dewasa nya.



4. Sabar Dan Konsisten




                 Sumber : www.pixabay.com


Untuk yang ke Empat Sabar dan Konsisten. Menurut saya ilmu bisnis atau usaha yang paling ampuh adalah sabar karena kondisi penjualan yang tidak stabil kadang naik kadang turun membuat kita harus siap dalam segala kondisi dan tentunya harus benar-benar sabar dalam menjalani usaha tersebut, jangan sampai anda berhenti di tengah jalan, ingat indahnya mimpi yang sedang menanti anda di puncak teruslah menaiki tangga kesuksesan satu persatu dan juga yang tidak kalah penting adalah semangat yang konsisten meski kondisi penjualan sedang turun jangan sampai semangat anda ikut menciut dan menyerah anda harus tetap semangat dalam segala kondisi untuk Perkembangan usaha yang di Jalani.


 5. Kerja Keras



                  Ilustrasi Kerja Keras



Dan yang terakhir adalah kerja keras tanpa kerja keras semua usaha tidak akan pernah bisa sukses, Tidak ada kesuksesan tanpa adanya kerja keras ibarat seorang murid yang ingin pintar dia harus belajar karena tidak ada orang pintar tanpa belajar. Kerja keras merupakan kunci dari kesuksesan siapa saja yang mau sukses yaitu kuncinya ya harus kerja keras tapi kerja keras tanpa di barengan kerja cerdas itu akan sangat melelahkan seperti halnya kuli macul tapi saya tidak mengatakan pekerjaan kuli macul tidak mulia justru sangat mulia hanya saja sangat melelahkan.




 Dan yang no 6 yang tidak kalah pentingnya yaitu berdoa usaha tanpa di sertai dengan doa akan sulit berkembang karena kita tidak meminta kepada Jin atau Setan Melainkan sang pemberi rizki Alloh aza wazala.

Nah itulah tips memulai usaha dari saya semoga bermanfaat dan bisa di jadikan rujukan untuk anda sobat.

 Wassalam

Komentar

Postingan Populer